Total Tayangan Halaman

Senin, 15 November 2010

Tips, Manual & 'How-to' Artikel (GRATIS) dari Anne Ahira untuk Indonesia... MENU TOPIK Sepak Bola Liga Softball Pertandingan Cara Tendang Bola yang Benar

dalam permainan sepak bola menjadi hal sangat penting secara teori. Memang dalam permainan sebenarnya jarang kita memperhatikan apakah seorang pemain sudah benar atau salah ketika ia melakukan tendangan bolanya karena yang lebih diperhatikan adalah aspek keindahan permainan dan kerjasama tim.
Padahal bisa jadi dengan memperhatikan benar atau tidaknya seseorang menendang bola, terutama oleh si pemain sendiri bisa jadi dapat menghindarkan dari terjadinya cedera pemain.
Sepak bola merupakan olahraga paling digemari di dunia. Tak ada olahraga sepopuler sepak bola. Sepak bola bagi kebanyakan orang merupakan permainan yang sangat menyenangkan, menyegarkan, sekaligus dapat menghilangkan stres. Permainan sepak bola merupakan perpaduan antara teori sepak bola sendiri dan seni dalam permainannya yang bisa memanjakan mata siapapun. Makanya cara tendang bola sebagai salah satu aspek teori dalam permainan sepak bola mesti juga diperhatikan. 
Teori Dasar
Dalam teknik permainan menendang bola ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh si pemain:
  • Posisi Kaki

    Patut diperhatikan bahwa ketika posisi kaki ada di sisi depan bola ketika menendang bola, maka bola akan menggelinding lurus dan mendatar di tanah. Ketika kaki yang digunakan untuk menendang posisinya ada di belakang bola, maka bola hasil tendangan tersebut akan melambung ke atas. Demikian juga ketika kaki berada di samping bola maka hasil dari tendangan tersebut bola menggelinding tidak terlalu kencang.
  • Posisi Kepala

    Yang dimaksudkan dengan posisi kepala di sini yakni sebelum pemain melakukan tendangan bolanya sebuah keharusan si pemain tersebut merekam kondisi lapangan untuk mengetahui dimana posisi lawan dan teman, supaya bisa menentukan ke mana arah bola akan ditendang. Setelah itu, barulah kepala mengarah ke bola dan bola mata mengkoordinasikan bagian dari bola mana yang akan ditendang, disesuaikan dengan tujuan tadi.
  • Kekuatan Kaki

    Deras atau tidaknya bola yang Anda tendang sangat tergantung dari seberapa kuat kaki Anda saat menendang atau melakukan ancang-ancang.
  • Bagian Kaki untuk Melakukan Tendangan

    Biasanya banyak pemain yang menggunakan kaki dalam kakinya untuk melakukan tendangan karena dari sisi keakuratannya sangat bisa diandalkan.
  • Teknik Menendang Bola

    Secara umum ada beberapa teknik cara tendang bola. Beberapa diantaranya sering dilakukan mungkin oleh pemain amatiran sekalipun, namun teknik-teknik lainnya memerlukan pembelajaran yang intens dan konsisten. Yakni:
    -  Melakukan tendangan dengan sisi luar kaki
    -  Melakukan tendangan dengan sisi dalam kaki
    -  Melakukan tendangan dengan punggung bagian dalam kaki
    -  Melakukan tendangan dengan punggung kaki (kura-kura)
    -  Melakukan tendangan dengan tumit
    -  Mengangkat bola dengan ujung jari kaki
    -  Melakukan tendangan dengan ujung jari-jari kaki.
Perlu diperhatikan, bahwa jangan sampai salah posisi Anda ketika melakukan tendangan karena bisa jadi bukan tendangan yang kita harapkan yang terjadi sebaliknya malah menimbulkan cedera. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar